Menikmati masa kini



Assalamualaikum wr.wb
Hi apa kabar?
Selamat menunaikan ibadah puasa

Hari ini puasa hari pertama di bulan Ramadhan tahun 2020 M. Mau sharing dengan temen-temen. Jadi sebelum puasa tepat 2 hari yang lalu, saya memutuskan untuk off social media kecuali WA. Sudah lama saya terapkan. Perlahan mulai belajar off social media. Mulai dari line, FB, Ask.fm,  dan 2 hari yang lalu saya off IG. Kenapa off IG, karena saya ingin hehehe. Sebenarnya ada alasan dibalik keputusan yang saya ambil. Saya ingin menikmati waktu dimasa kini. Pengen lebih fokus dengan ibadah di bulan Ramadhan. Sebelum off IG saya bertanya dengan diri saya “sebenarnya apa yang kau cari di IG? Kira-kira berapa lama waktu yang kamu habiskan di IG? dan masih banyak lagi pertanyaan yang saya tanyakan kepada diri saya”.

Waktu adalah sesuatu yang berharga
Kelihatannya saya sudah banyak menghabiskan waktu untuk melakukan hal yang tidak terlalu bermanfaat untuk diri saya. Maka dari itu saya memutuskan untuk istiahat dari social media beberapa waku kemungkinan sebulan. Istirahat dari sosial media ini sering saya terapkan pada diri saya. menerapkan off-social media selama 1-2 hari, 6 hari dan yang paling lama itu sebulan. Menurut saya ini adalah waktu yang tepat untuk off-social media. Menjaga kesehatan mental saya juga karena akhir-akhir ini banyak sekali informasi negatif yang hadir di timeline social media saya. Setelah melihat itu rasanya saya bener-bener capek padahal ga ngapa-ngapain dan ga terlalu produktif. Setiap orang punya caranya masing-masing dan ini adalah cara saya.

Kenapa off-social media?
Karena saya ingin focus beribadah di bulan puasa dan ingin belajar banyak hal. Terkadang hal-hal yang menyenangkan untuk dipelajari tidak sempat di bagikan di social media, mungkin karena saya terlalu menikmati. Saya ingin lebih menikmati masa kini atau mindfullnes.

Mindfullnes itu apa sih?
Jadi ingat masa-masa skripsi. Waktu skripsi kemarin saya ngebahas tentang mindfullnes. Singkat cerita mindfullnes adalah hadir secara utuh di masa kini. Menikmati hal-hal yang dilakukan di masa kini. Tetap dimasa kini tidak ke masa lalu atau berangan-angan ke masa depan.

Contoh sederhana:
  • Makan: nikmati rasa, wangi, dan tekstur makanan ketika makan. Kalo makan ya makan jangan sambil main hp. Ga nikmat kalo sambil main hp yang ada makan rasa ga makan.
  • Buku : kalau baca buku ya baca. Fokus ke bacaan.
  • Ngobrol : ya ngobrol. Hadirlah secara utuh dengan teman obrolanmu. Jangan main hp. Jauhkanah distraksi itu. Menerapkan cara ini obrolan kamu akan lebih berkualitas. Dari dulu saya selalu nerapin ini kepada diri saya. kalau teman curhat ke saya tidak mengaktifkan data selular. Tapi kalau ada yang nelpon tiba-tiba saya akan izin kepada teman saya untuk mengangkat telpon tersebut setelah itu lanjut lagi ngobrol dengan teman saya. tanpa distraksi. Saya senang menikmati waktu yang berkualitas apa karena bahasa cinta saya quality time ya hehehe.

Tampaknya mudah ya mindfullnes itu tapi kok penerapannya tidak mudah. Oh iya mindfullnes ini mudah kok sebenarnya hanya butuh komitmen kamu untuk menerapkannya.

Selama #dirumahaja saya belajar menerapkan mindfullnes. Karena waktu adalah sesuatu yang berharga menurut saya dan tidak bisa di putar kembali, maka dari itu saya tidak mau melakukan hal yang sia-sia setiap detiknya. Selama di #dirumahaja saya berusaha hadir secara utuh untuk keluarga saya. Sekaranglah saatnya untuk menikmati waktu dengan keluarga. Kemarin selama 4 tahun saya merantau untuk kuliah melepas rindu hanya lewat telepon saja. Mumpung di #dirumahaja, saya mau hadir secara utuh untuk keluarga saya. Sesederhana masak bareng mama, beres-beres rumah, belajar dengan adik-adik saya, dan mendengarkan curhat ayah-mama-serta adik saya.

Kemarin ngerantau untuk menempuh pendidikan
Sekarang diberi nikmat masa-masa dirumah bareng orangtua dan adik-adik
Esok .... hari esok adalah sesuatu hal yang belum saya ketahui. Mungkin saya akan merantau untuk bekerja, atau menempuh pendidikan S2 diluar kota, atau berumah tangga. Saya belum tau yang pastinya.

Karena hari esok adalah misteri maka hal yang bisa saya lakukan adalah menikmati hari ini dan masa kini untuk bekal di hari esok. Hal apa saja sih yang bisa dilakukan di masa kini?
  • Nikmati masa kini
  • Perdalam ilmu agama dan tingkatkan kualitas ibadah
  • Belajar banyak hal yang ingin kamu pelajari, asah skills kamu. Baca buku, ikut kursus online dan tambah pengalaman.

Terimakasih sudah membaca. Sampai jumpa ditulisan selanjutnya. Kemungkinan saya akan banyak bercerita di blog setelah off-social media. Cerita tentang pengalaman saya.
 
Terimakasih
Have a nice day
Selamat menikmati ibadah puasa di bulan Ramadhan
Salam hangat,
Jani

 

Comments

Popular Posts