review novel: Ingkar


INGKAR
karya: Boy Candra


"Banyak hal yang terjadi di luar kendaliku. Jatuh hati kepadamu adalah salah satunya. Kamu mengajariku melawan ketakutan-ketakutan dalam diriku. Namun, kamu lupa mengajariku melawan hal yang penting: bagaimana caranya agar aku tidak takut kehilanganmu?"

Saya penasaran. Hal apa yang kamu bayangkan ketika membaca kalimat diatas?
Simpan dulu ya 



Setelah membaca novel ini secara utuh saya menyadari bahwa paragraf yang tertera di cover belakang novel telah mewakili ceritanya. Mungkin ketika kita membaca paragraf tersebut imajinasi kita berbeda-beda mengenai ceritanya. Cerita melebihi ekspektasi yang dirangkai sangat menarik oleh penulisnya. Awalnya saya kira buku ini hanya bercerita tentang kisah cinta dua anak muda. Ternyata tidak hanya itu. 

Ceritanya tak terduga. Membaca novel ini membuat saya bertanya-tanya tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Dipertengahan cerita saya emosional membacanya. Rasanya campur aduk ketika lanjut membaca dipertengahan BAB buku ini. Benar-benar bikin gregretan.

Novel ini menceritakan tentang perjuangan meraih impian, persahabatan yang sehat dan toxic serta hubungan  keluarga. Bab favorit saya ketika percakapan orangtua livka. Terenyuh dibuatnya. Air matapun mengalir melewati pipi. Part ini menceritakan tentang perjuangan orangtua untuk menyekolahkan anaknya. 
 
Kak Boy Candra berhasil membuat jalan cerita yang begitu mengalir dengan konflik yang bikin jantung berdebar saat membacanya. Konflik yang terjadi sering saya dengar di masa SMA-Kuliah. Selain itu disini juga banyak nasihat baik yang bisa diambil tentang nasihat orangtua kepada anaknya  dalam menjalani kehidupan di masa-masa remaja agar tidak salah langkah dan salah arah. Ada nasihat dan pelajaran yang bisa kamu ambil dari cerita ini. 

Terkadang apa yang dikatakan dan didengarkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Ada hal yang terjadi diluar keinginan. Bahkan ada masalah besar yang dilakukan. Hingga akhirnya ..... 

Hingga akhirnya kamu bisa mengetahui ceritanya secara utuh di novel ini
Novel ini bisa jadi pilihan untuk menikmati weekend kali ini
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Judul : Ingkar
Penulis: Boy Candra
Penerbit: Kata Depan
Hlm: viii+ 352 hlm
Harga: Rp. 90000 (P. Jawa) 


Oh iya bikin penasaran nih, kasih tau dong novel favorit kamu?
Happy weekend guys 

Comments

Popular Posts