Tips Belajar


Tips Belajar teknik SQ3R

📷PicsArt

Ada yang sempat merasa kesulitan untuk belajar terutama ketika membaca sebuah buku. Kali saya mau sharing tentang tips belajar yang bisa membantu kamu dalam memahami suatu bacaan yang ingin kamu pelajari. Saya memperolehnya dari buku ditulis oleh Robert S Feldman. Ada beberapa teknik yang dapat meningkat kemampuan belajar salah satu diantaranya yaitu teknik SQ3R. Adapun langkah-langkah teknik SQ3R yaitu:

         Menyurvei
Menyurvei merupakan langkah pertama yang bisa kamu lakukan dengan cara mempelajari gambaran dengan membuka modul, membaca pembuka, keterangan gambar serta tulisan. Bagian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran umum BAB yang ingin di baca.

Mempertanyakan
Kamu bisa memformulasikan pertanyaan mengenai BAB yang ingin kamu baca melalui verbal ataupun tulisan. Hal ini penting dilakukan sebelum kamu benar-benar membaca sebuah buku.

Membaca
Bacalah dengan saksama, secara aktif dan kritis. Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang telah kamu buat sebelumnya. Lakukan evaluasi kritis terhadap apa yang ada (Jawaban pertanyaan kamu) dengan mempertimbangkan implikasi-implikasi yang sedang kamu baca. 

Menyimpulkan
Menyimpulkan bisa kamu lakukan untuk menjelaskan kepada diri kamu sendiri atau teman kamu mengenai materi yang baru saja kamu baca. Selain itu kamu juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kamu ajukan sebelumnya. Proses penyimpulan ini bisa mengidentifikasi tingkat pehaman kamu terhadap bahan yang baru saja kamu baca.

Meninjau
Lihat kembali catatan yang kamu miliki. Lihat secara menyeluruh, baca kesimpulan dan jawablah pertanyaan-pertanyaan yang ada pada buku tersebut atau pertanyaan tinjauan yang ada.

Semoga bermanfaat, selamat belajar, semangat :)

Comments

Popular Posts